Apakah Migrain itu? - Moka Sehat

Breaking

Media yang membahas tentang kesehatan, dan beberapa manfaat dari tanaman sekitar kita

Monday, August 5, 2019

Apakah Migrain itu?


moka migrain

Apakah Migrain itu

Anda pernah merasakan rasa nyeri dikepala atau sakit kepala sebelah yang dirasakan seperti tepukul benda yang keras atau ditusuk tusuk jarum. itulah yang di sebut dengan migrain.  terkadang sakit ini membuat kita tak berdaya , ditambah rasa mual ingin muntah dan sensitif terhadap cahaya serta bau bau yang menyengat . Migrain juga mempunya gejala   dengan rasa nyeri yang tiba-tiba muncul di belakang mata atau area sekitar mata, Rasa nyeri bisa bertahan setidaknya 15 menit hingga tiga jam. Berbeda dengan migrain, sakit kepala sebelah bukanlah
Berbagai penyebab migrain yang paling umum penyebab migrain biasanya adalah ;

1. Faktor keturunan atau genetik


pembuluh darah yang membengkak adalah satu dari sekian banyak sebab-akibat serangan migrain, namun ini bukanlah penyebab utamanya. kebanyakan  migrain adalah gangguan neurologis turunan.
 jika salah satu pihak orang tua kita mempunyai  riwayat serangan migrain, kita  memiliki 50 persen peluang untuk memiliki kondisi yang sama, Jika kedua orangtua Anda memiliki riwayat ini, peluang Anda meningkat hingga 70 persen, jadi waspadahal apabila keluarga kita ada keturunan penyakit migrain ini.

2. Meminuman dan Makanan  tertentu

meminum dan makanan yang mengandung MSG atau kafein diyakini dapat memicu Migrain karena Baik MSG dan kafein keduanya dapat memengaruhi sistem saraf pusat dan pembuluh darah pada otak. Akibatnya, pembuluh darah di otak jadi menyempit dan berkontraksi. makanan lain yang sangat memicu migrain adalah keju dan coklat karena Cokelat memiliki beberapa substansi yang dicurigai sebagai penyebab migrain seperti phenylethylamine, flavonoid dan tiramin. Berbeda dengan dua substansi lainnya, tiramin merupakan pemicu migrain yang penting karena dapat menyebabkan perubahan hormone otak dan memengaruhi aliran darah.
Sama seperti cokelat, keju merupakan bahan makanan yang memiliki tiramin. Akibatnya, makanan satu ini berpotensi memicu terjadinya migrain pada seseorang yang sensitif terhadap tiramin atau cenderung mengalami perubahan pada aliran darah.

3.Tekanan atau Stres


Peningkatan maupun penurunan kondisi emosional seseorang secara tiba-tiba dapat memicu terjadinya migrain. Saat stres, otak seseorang akan melepaskan senyawa-senyawa kimia yang menyebabkan beberapa perubahan pada tubuh dan otak, seperti ketegangan otot dan pelebaran pembuluh darah.
Uniknya, stres dapat terjadi baik pada momen membahagiakan maupun mengesalkan. Pada beberapa kasus bahkan, migrain baru terasa setelah momen stress tersebut telah lewat atau selesai, atau saat Anda sudah memasuki masa relaksasi.

cobalah beberapa obat alami untuk mengurangi migrain anda , misalnya dengan meminum rebusan jahe dengan seduhan teh akan meredakan migrain kita berkurang
lakukanlah olahrga ringan guna memperlancar sirkulasi darah. serta perhatikanlah asupan makanan anda Kekurangan zat magnesium bisa memicu sakit kepala dan migrain kambuh.
Meski begitu, Anda juga bisa mendapatkan sumber magnesium alami dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Ada banyak makanan sumber magnesium yang bisa Anda konsumsi, yaitu:

Alpukat
Pisang
Sayuran berdaun hijau tua, seperti bayam, brokoli, dan sawi
Kacang-kacangan
Kacang kedelai
Beberapa jenis ikan, seperti salmon
Susu dan produk olahan susu

Selain magnesium, Anda juga harus memenuhi asupan asam omega-3. Pasalnya, beberapa sakit kepala penyebab migrain mungkin disebabkan oleh peradangan. Nah, makanan yang tinggi kandungan lemak sehat asam omega-3 telah dikenal sejak lama bisa mengurangi efek peradangan dalam tubuh. Secara tidak langsung lemak sehat satu ini juga bisa jadi obat migrain alami Anda.

No comments:

Post a Comment