Tak Bisa Tidur INSOMNIA bukan? - Moka Sehat

Breaking

Media yang membahas tentang kesehatan, dan beberapa manfaat dari tanaman sekitar kita

Thursday, August 1, 2019

Tak Bisa Tidur INSOMNIA bukan?

mokasehat


Insomnia adalah gangguan kesehatan dimana penderitanya kesulitan untuk tidur,Insomnia juga didefinisikan sebagai kondisi yang menghasilkan kualitas tidur buruk dengan gangguan fungsional pada siang hari. Insomnia  juga lebih umum terjadi pada mereka yang berusia lanjut, di atas 60 tahun, karena munculnya perubahan siklus tidur dan perkembangan penyakit lainnya yang yang timbul seiring pertambahan usia.

Penyebab dari Insomnia

Beberapa faktor psikologis dan lingkungan turut berperan dalam timbulnya gejala insomnia. Berada di bawah tekanan yang sangat besar, dapat berujung pada kondisi ini. rasa ketidaknyamanan fisik yang bertahan, juga dapat menjadi penyebab utama insomnia. Gaya hidup Anda juga dapat menjadi salah satu penyebab, seperti seorang pekerja malam dan orang yangmenjalani  metode pengobatan tertentu, seperti steroid, juga dapat berujung pada gangguan tidur. Insomnia kronis juga dapat terjadi karena sebab-sebab psikologis, seperti stres kronis, kecemasan, depresi, atau gangguan bipolar.


Agar tubuh tetap fit sepanjang hari, tidur yang cukup harus dipenuhi. Namun tidak semua orang bisa gampang tidur. Ada beberapa orang yang menjadi 'kalong' lantaran melek hampir sepanjang malam gara-gara insomnia. Lalu apakah insomnia itu termasuk penyakit?

Misalnya ada orang yang hanya tidur 3 jam tapi ia senang-senang saja maka itu bukan insomnia. Selama ia tidak ada gangguan di siang hari maka itu bukan insomnia
Orang yang Rentan Insomnia
perempuan lebih rentan mengalami insomnia. Hal ini dikarenakan faktor dalam tubuhnya, misalnya karena perempuan mengalami menstruasi.
Nah, pre menstruation syndrome (PMS) akan membuat perempuan gelisah, yang kemudian membuatnya tidak bisa tidur.
menambahkan orang yang berisiko mengalami insomnia antara lain adalah orang yang pencemas, perfeksionis, atau di dalam keluarganya memiliki kondisi sulit tidur. Dengan kondisi seperti itu, maka bila yang bersangkutan stres sedikit saja akan membuat tidak bisa tidur. Jadi ada faktor genetik dan ditambah dengan sifat si orang itu sendiri
Selain itu ada juga hal-hal kecil yang memicu insomnia seperti kebiasaan buruk minum kafein di sore hari dan olahraga malam-malam. Bekerja hingga larut malam di tempat tidur apalagi dengan menggunakan laptop juga bisa menjadi pemicu. Karena itulah penyebab insomnia menjadi komplek
insomnia bisa disebut sebagai penyakit karena bisa membuat yang mengalaminya menderita. Nah, seseorang dikatakan memiliki insomnia jika tidak bisa atau sulit untuk memulai tidur.
Orang yang mengalami insomnia juga sulit mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan cukup untuk tidur. Karena kurang tidur, maka yang bersangkutan akan gampang marah, mengantuk, stres, sehingga kegiatannya terganggu.
Gejala Umum


Insomnia merupakan gangguan yang mempengaruhi tidak hanya jumlah/kuantitas, tapi juga mutu/kualitas tidur Anda. Mereka yang menderita insomnia tidak dapat tidur di malam hari dan biasanya merasa cemas di siang hari. Mereka juga sering terbangun di malam hari dan kesulitan untuk kembali tidur setelah terbangun. Sakit kepala adalah hal yang umum terjadi. Beberapa pasien bergantung pada alkohol atau pil tidur untuk dapat tertidur. Mereka yang menderita insomnia biasanya merasa lelah pada siang hari dan kurang dapat menjaga keseimbangan suasana hati dan emosi. Mereka juga biasanya mengalami penurunan dalam prestasi atau fungsi kerja dan mungkin mengalami masalah pada daya ingat dan konsentrasi. Hal ini berujung pada lebih banyak kesalahan saat bekerja atau di sekolah dan mungkin saja berbahaya bagi keseharian mereka.
Jika Anda didiagnosa terkena insomnia, Terapi perilaku dengan latihan bersantai/relaksasi juga sedikit banyak membantu.  Atau Anda minta dirujuk untuk menemui ahli tidur atau Mereka mungkin akan memberikan beberapa obat-obatan, untuk membantu Anda tertidur

No comments:

Post a Comment