Manfaat Pahitnya Pare - Moka Sehat

Breaking

Media yang membahas tentang kesehatan, dan beberapa manfaat dari tanaman sekitar kita

Wednesday, July 24, 2019

Manfaat Pahitnya Pare

Pagi ini saya akan mengulas apa manfaat pare. Ternyata banyak manfaatnya lho..

Mengurangi gula darah

    Bagi para penderita diabetes, mengonsumsi pare mungkin bisa membantu mengelola penyakit yang diderita. Hal ini sangat mungkin mengingat pare mengandung charantin, vicine, dan polipeptida-p yang merupakan zat aktif antidiabetes. Salah satu fungsi charantin adalah menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Sementara itu, polipeptida-p dikenal sebagai senyawa yang menyerupai insulin. Ketiga zat di atas memiliki efek untuk membantu tubuh mengurangi kadar gula darah.
    Meski tampak menjanjikan, beberapa penelitian klinis yang telah dilakukan ternyata menunjukkan bahwa manfaat pare dalam mengendalikan kadar gula darah masih inkonsisten dan tidak signifikan. Masih diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui dengan pasti bagaimana pare bisa membantu penderita diabetes. Dan satu hal yang pasti, manfaat pare belum bisa menggantikan atau menyamai efektivitas obat antidiabetes, seperti insulin dan obat antidiabetes oral.
manfaat pahitnya pare


    Melawan sel kanker

    Salah satu dugaan manfaat pare lainnya terkait dengan kemampuannya dalam melawan sel-sel kanker. Penelitian mengungkapkan bahwa pare memiliki sifat antikanker dan berpotensi digunakan sebagai agen pembasmi berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, hati, dan kanker darah.
    Namun penelitian tersebut baru sebatas penelitian di laboratorium. Efek antikanker dalam manfaat pare ini belum banyak diteliti secara klinis sehingga khasiatnya sebagai pelawan kanker pada manusia masih perlu dikaji lebih lanjut.

    Antibakteri dan antivirus HIV

    Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus mungkin bisa diatasi dengan mengonsumsi pare. Ekstrak pare memiliki kemampuan antibakteri, terutama infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti E. coli, Salmonella, Staphylococcus, Pseudomonas, dan Streptobaccilus. Ekstrak pare juga terlihat dapat mematikan virus salah satunya virus HIV. Akan tetapi, manfaat pare hingga saat ini belum dapat digunakan sebagai antibiotik atau antivirus secara klinis, mengingat masih minimnya penelitian yang mendukung data tersebut

No comments:

Post a Comment